“ PONDOK PESANTREN AL HIMMAH “
Laporan Ini Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
“Manajemen Organisasi Nirlaba”
Dosen pembimbing:
Airlangga Bramayudha
Oleh:
Nurut Toharatul Q. (B04209022)
Amir (B04209042)
Irma Ifadah W. (B04209044)
Mazra’atun Naza (B04209045)
FAKULTAS DAKWAH
JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
2012
PONDOK PESANTREN “ AL HIMMAH ”
A. LATAR BELAKANG
Latar belakang pendirian organisasi pondok pesantren yatim piatu al himmah ini dilatar belakangi Pesantren merupakan lembaga pendidikan tradisional Islam tertua saat ini dan di anggap sebagai produk budaya Indonesia yang asli (indigenerous). Kemunculan lembaga pendidikan tradisional Islam di Negara kita ini dimulai sejak abad ke-13 yang diiringi dengan munculnya tempat-tempat pengajian. Perkembangan selanjutnya, tempat-tempat mengaji tersebut berubah menjadi tempat-tempat menginap bagi para pelajar (santri) yang kemudian kita mengenalnya sebagai pesantren.memiliki peran yang sangat besar, baik bagi kemajuan Islam itu sendiri maupun bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan.
Mengapa kita memilih yatim piatu keinginan dari kami ber lima melihat banyaknya anak-anak yang putus sekolah dan banyak dari mereka yang tidak mempunyai akhlakul karimah dan mengingat sebuah hadits rosulullah yang artinya “maukah kamu memiliki hati lunak dan memperoleh segala kepeluanmu sayangilah anak yatim dan beri makan mereka dengan makananmu (yang biasa kamu makan) niscaya hati kamu akan menjadi lunak dan kamu memperoleh segala keperluanmu”. Dan berdasarkan sebuah hadis yang artinya sebaik-baik manusia adalah yeng berguna bagi orang lain. hal itu menggugah jiwa sosial kami untuk mendirikan sebuah yayasan pondok pesantren yatim piatu yang bertujuan memberikan pendidikan formal dan non formal.
Adapun pondok pesantren alhimmah ini bertempat di desa kemantren kecamatan paciran kabupaten lamongan, status tanah dari pondok kami adalah tanah wakaf dari bapak nawawi agar dipergunakan sebagai pondok pesantren yang menaungi anak-anak yatim pertama di tanah tersebut hanya terdapat musholla yang dikelola bapak nawawi disamping sebagai tempat ibadah juga dipergunakan sebagai tempat pengajian al-quran anak-anak, karena usia beliau sudah rentan sehingga tanah dan musholla tersebut diwakafkan agar dikelola cucu beliau yang termasuk dari anggota kami.
Letak pondok pesantren alhimmah yang sangat strategis berada di bawah bukit yang sangat cocok untuk bercocok tanam sehingga kami memanfaatkan tanah tersebut sebagai lahan pertanian yang dikelola oleh para pengurus dan santri yang hasilnya akan kembali sebagai dana operasional pondok.
B. VISI DAN MISI
VISI
Mendidik dan memandirikan anak yatim yang ber-akhlaqul karimah nan cendekia.
MISI
- Mendidik dan memandirikan anak yatim.
- Melakukan proses transformasi keilmuan secara efektif,
- Membentuk anak asuh untuk ber-akhlakul karimah dan ilmu pengetahuan.
- Membentuk anak asuh agar memiliki keterampilan hidup (life skill).
C. STRUKTUR KEPENGURUSAN
· Dewan Pembina
ü H. M. Nurul Muttaqin, S.H
ü M. Bagus Dzikri , S.Pd
ü M. muzammil, SE
· Dewan Pengurus
ü Wakilketua : H. Kholilur Rohman
ü Sekretaris I : Irma ifadah Wahyuningsih
ü Sekretaris II : Mazra’atun Naza
ü Bendahara I : Nuruttoharotul Qibtiyah
ü Bendahara II : Amir
· Departemen pendidikan dan dakwah
ü H. Ahmad Afnan Anshori, S.Sos.I
ü H. Abdul Basith, S.ag
ü Hj. Putri Indah S, Psi
· Departemen kesehatan
ü Dr. Rendra, H
ü M. Suhariyanto
ü Elissa zamroni, S.Psi
· Departemen Humas
ü H. Abdul Haris
ü M. Khoiron, S.Ag
ü Imam syafi’i, ST
· Departemen pembangunan
ü Drs. Aditya Amrullah
ü M. Hafid Ardiansyah
ü H.M Abdul haris
· Departemen Ekonomi dan Usaha
ü M. Nur Kholik, SE
ü Dra. Lily Setiani
PROGRAM – PROGRAM
v Kelompok usaha
- Unit usaha koperasi
- Usaha peternakan ayam
- Usaha lele
- pertanian
v Scholarship
- Bisa sekolah
v Boarding Qur’an
- Baca dan tulis Al-Qur’an
- Hafalan al-quran minimal juz 30 dan ayat-ayat pendek (surat yasiin, As-sajadah, Al-Waqiah, al-Mulk)
v Boarding language Program
- Bisa bahasa arab – inggris
v Boarding culture program
- Pondok pesantren indah, tertib, di lengkapi lab bahasa dan computer, dan disiplin.
D. KEUANGAN
NO
|
URAIAN
|
1 BULAN
|
1 TAHUN
|
TOTAL
|
1.
|
BELANJA PEGAWAI
a. THR guru
b. Insentif karyawan
c. Intensif pengurus
d. Uang saku sekolah
|
1.540.000×13
3.250.000×13
780.000×13
3.255.000×12
|
20.020.000
42.250.000
1.140.000
39.060.000
|
102.470.000
|
2.
|
BELANJA BARANG
a. ATK
b. Kebutuhan anak-anak
1. Kebutuhan sekolah
2. Kebutuhan rutin anak-anak
3. Kebutuhan hari raya
|
1.050.000×12
10.469.500×1
275.000×12
11.760.000×1
|
12.600.000
10.469.500
3.300.000
11.760.000
|
381.295.000
|
3.
|
BELANJA PEMELIHARAAN
a. PLN
b. Telepon
c. Koran
|
550.000×12
550.000×12
40.000×12
|
15.000.000
6.600.000
480.000
|
220.800.000
|
4.
|
BELANJ LAIN – LAIN
a. Pendidikan
b. Kebutuhan rumah tangga
1. HUT & PBHI
2. Konsumsi panita zakat
3. Rekreasi dan out bound
|
6.276.000×12
1.000.000×1
1.000.000×1
2.500.000×2
|
75.312.000
1.000.000
1.000.000
5.000.000
|
82.312.000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar